Meningkatnya jumlah penduduk dan kegiatan perekonomian maupun industri di Kabupaten Tangerang, terutama di Kecamatan Sepatan Timur, Pasar Kemis, Sepatan, Cikupa, Sindang Jaya, Sukamulya, Balaraja dan Jayanti, perlu didukung oleh penyediaan dan pelayanan air bersih/ minum yang memadai. Keterbatasan penyediaan dan pelayanan air bersih/ minum di wilayah kecamatan tersebut menyebabkan eksploitasi air tanah yang berlebihan dan berdampak pada biaya ekonomi yang tinggi dan menurunnya kualitas lingkungan hidup. Azas penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah No.16 tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum merupakan tanggung jawab Pemerintah.

PT Aetra Air Tangerang (Aetra Tangerang) adalah perusahaan air minum swasta yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam penyediaan dan pelayanan air minum di wilayah Kabupaten Tangerang. Proyek penyediaan dan pelayanan air minum ini merupakan proyek Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) pertama yang berhasil dilaksanakan di Indonesia dari 26 proyek yang ditawarkan pemerintah Indonesia di tahun 2006. Aetra Tangerang merupakan bagian dari Grup Acuatico yang mempunyai pengalaman dalam proyek infrastruktur air minum DKI Jakarta serta di daerah lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan dukungan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, Aetra Tangerang mampu membangun fasilitas penyediaan air minum di Tangerang dengan menerapkan teknologi pengolahan air terkini yang efektif, efisien, dan ramah lingkungan.

Dengan hak konsesi selama 25 tahun dari Pemerintah Kabupaten Tangerang, Aetra Tangerang ditetapkan untuk melakukan penyediaan dan pelayanan air minum di 8 (delapan) Kecamatan di Kabupaten Tangerang, yaitu Kecamatan Sepatan Timur, Pasar Kemis, Sepatan, Cikupa, Sindang Jaya, Sukamulya, Balaraja, dan Jayanti. Instalasi Pengolahan Air Minum yang dibangun di Desa Karet Kecamatan Sepatan berkapasitas 900 liter/detik dengan sumber air baku dari Sungai Cisadane, yang ditargetkan dapat melayani hingga 72.000 sambungan pelanggan rumah tangga maupun industri di 8 (delapan) kecamatan tersebut. Total jumlah warga yang dapat dilayani mencapai kurang lebih 360.000 jiwa.

Untuk mempermudah masyarakat di wilayah konsesi dalam mendapatkan pelayanan air minum dari Aetra Tangerang, kami telah membuka Kantor Pelayanan Pelanggan di Pasar Kemis dan Cikupa. Disamping itu, untuk kemudahan transaksi pembayaran, Aetra Tangerang menyediakan fasilitas Mobil Layan Bayar, Loket Pembayaran yang bekerja sama dengan beberapa Bank Nasional (BRI, Bank Mandiri) dengan pembayaran melalui ATM, seluruh gerai Indomaret, Alfamart dan PT POS Indonesia. Aetra Tangerang juga memiliki Kantor Pusat di Jalan Raya PLP Curug, Desa Kadu Jaya Kecamatan Bitung, Kabupaten Tangerang. Aetra Tangerang berkomitmen untuk memaksimalkan penyediaan dan pelayanan air minum bagi masyarakat di wilayah konsesi sebagaimana diamanahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam Perjanjian Konsesi, agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dilayani melalui penggunaan air yang lebih bersih dan sehat.