PELAYANAN PELANGGAN

Bagaimana cara saya mendaftar menjadi pelanggan baru?

Berlangganan Air Aetra Tangerang dapat dilakukan dengan 3 langkah mudah.

  1. Pendaftaran
  • Datang ke Kantor Pelayanan Pelanggan terdekat
  • Isi aplikasi sesuai dengan data diri anda
  1. Lengkapi Persyaratan
  • Siapkan fotocopy KTP, KK, dan PBB tahun terakhir
  • Siapkan Surat Keterangan Usaha / SIUP (bagi pelanggan komersial)
  • Serahkan Dokumen dan surat-surat pendukung kepada petugas KPP
  1. Survei dan Pemasangan

Petugas kami akan melakukan survei ke rumah anda untuk:

  • Menghitung kebutuhan jaringan pipa
  • Menentukan kelompok pelanggan dan golongan tarif
  • Petugas akan memberikan formulir sebagai tanda bukti bahwa telah dilakukan survei

Petugas akan melakukan pemasangan

 

Dimana saya bisa mendaftar menjadi pelanggan Aetra Tangerang?

Pendaftaran bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang di Ruko Perum Puri Jaya, Blok AA No. 30, Sukamantri – Tangerang. Selain itu Aetra Tangerang juga mengerahkan mobil-mobil layanan pendaftaran di tempat-tempat strategis untuk semakin memudahkan masyarakat.

 

Siapa yang harus saya hubungi jika ada keadaan darurat air?

Untuk keadaan darurat anda dapat menghubungi Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat, atau hubungi Contact Centre 24 jam kami di nomor  (021) 590 7740 / 44.

 

Apakah Aetra Tangerang bertanggung jawab atas kebocoran pipa?

Aetra Tangerang hanya bertanggung jawab atas kebocoran yang terjadi pada pipa sebelum meteran pelanggan. Pelanggan bertanggung jawab untuk memelihara pipa yang berada setelah meteran pelanggan.

 

Bagaimana cara untuk mematikan aliran air ke rumah?

Anda dapat mematikan aliran air ke rumah anda dengan cara mematikan keran utama di rumah anda. Keran utama terletak pada meteran air di rumah anda.

 

Bagaimana cara menghentikan atau memindahkan layanan air saya?

Untuk menghentikan layanan air di rumah anda, mohon hubungi Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang melalui telepon, surat, fax, atau e-mail. Jika anda pindah masih dalam area layanan kami dan ingin memindahkan layanan anda ke tempat yang baru, mohon hubungi Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat.

 

 

PEMBAYARAN

Aetra Tangerang menerima pembayaran dalam bentuk apa saja?

Aetra Tangerang menerima pembayaran dalam bentuk tunai, transfer elektronik melalui bank, melalui Posindo, serta melalui Indomaret dan Alfamart.

 

Bagaimana cara melakukan pembayaran?

Pelanggan dapat membayar langsung ke Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat, melalui bank, melalui transfer elektronik, melalui Posindo, melalui kantor-kantor pembayaran kecil yang akan didirikan di tempat-tempat yang strategis, serta melalui Indomaret dan Alfamart.

 

Apa yang harus dilakukan jika tagihan nampak lebih tinggi dari biasanya?

Penyebab paling umum dari peningkatan tagihan yang tidak wajar adalah terjadinya kebocoran pipa rumah tangga. Untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran pipa rumah tangga, pastikan anda telah mematikan semua aliran air di dalam maupun di luar rumah, kemudian periksalah meteran air anda dan lihat apakah jarum penunjuk di dalam meteran ada yang berputar. Jika jarum penunjuknya bergerak, anda mungkin mengalami kebocoran dalam pipa rumah tangga anda. Seringkali kebocoran pipa rumah tangga terjadi di keran atau toilet. Anda juga harus memeriksa pipa diantara meteran air dengan rumah anda, pemanas air, dan unit filtrasi air jika ada. Jika semuanya nampak baik-baik saja atau jika anda memerlukan bantuan mohon hubungi Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat.

 

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah tagihan?

  • Pergunakanlah kepala pancuran, toilet, pencuci piring, dan mesin cuci yang efisien dalam penggunaan air.
  • Perhatikan penggunaan air di luar rumah. Sebagian besar penggunaan air di perumahan terjadi di luar rumah, jadi jika anda mengurangi penggunaannya di luar rumah maka anda sangat menghemat air dan uang.
  • Biasakan menggunakan air secara bijaksana. Matikan keran air ketika sedang menggosok gigi, persingkat waktu mandi, dan hanya operasikan mesin pencuci piring dan mesin cuci setelah penuh.

 

KUALITAS AIR

Mengapa air bisa terlihat keruh?

Air yang terlihat keruh biasanya disebabkan oleh gelembung udara di dalam air dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Jika air tersebut didiamkan sebentar, maka gelembung udara akan menghilang dan air akan menjadi jernih. Jika air masih tetap terlihat keruh, mohon hubungi Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat untuk diperiksa.

 

Apakah sebab bau tidak sedap pada air panas?

Penyebab bau tidak sedap yang paling umum dalam air panas adalah dari unit pemanas air. Jika air dingin anda tidak berbau, maka periksalah pemanas air anda untuk memastikan pengaturan temperaturnya telah tepat. Pemanas air juga perlu dirawat (lihat instruksi pabrik). Mohon hubungi Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat jika bau tidak sedap tersebut tidak menghilang atau jika bau tidak sedap timbul baik pada air panas dan air dingin.

 

Apa yang menyebabkan air berubah warna?

Warna dalam air biasanya disebabkan oleh hal-hal organik yang timbul secara alami, mineral-mineral, atau endapan mineral di dalam pipa. Di Aetra Tangerang, kami membilas sistem air kami secara teratur untuk membersihkan endapan mineral dan sedimen-sedimen lainnya dari dalam pipa. Jika air di rumah anda berwarna, mohon biarkan keran air menyala sampai air yang keluar menjadi jernih. Zat-zat diatas pada umumnya tidak membahayakan kesehatan, namun kami mohon anda segera melaporkan perubahan warna air di rumah anda ke Kantor Pelayanan Pelanggan Aetra Tangerang terdekat untuk diperiksa.

 

Mengapa air perlu di disinfeksi?

Disinfektan diperlukan untuk mencegah penyebaran kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Bertahun-tahun yang lalu sebelum penggunaan disinfektan pada air minum, penyakit-penyakit seperti kolera, typhus, dan disentri sering terjadi. Penggunaan disinfektan pada air minum telah meningkatkan kualitas dan keamanannya secara signifikan.

 

Mengapa air bisa memiliki rasa (atau berbau) klorin?

Aetra Tangerang men-disinfeksi air anda untuk memastikan air anda terbebas dari bakteri yang membahayakan. Untuk mengurangi rasa atau bau klorin, cobalah untuk mendinginkannya dalam lemari es sebelum diminum.

 

Mengapa ada kotoran atau pasir dalam air?

Kotoran atau pasir dapat timbul secara alami karena adanya perbaikan jalur air. Kami berusaha mengurangi keberadaan kotoran atau pasir tersebut di dalam air melalui proses pembilasan rutin, yang pada akhirnya akan meningkatkan kulitas air dengan meningkatnya sirkulasi air di dalam pipa dan hilangnya endapan dari dalam air.